Penulis / NIM
NOVI POLIYAMA / 153414035
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr SETIYO UTOYO, M.Pd / 0022087203
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. PUPUNG PUSPA ARDINI, S.Pd M.Pd / 0010118302
Abstrak
ABSTRAK
Novi Poliyama. 2018 Efektivitas Metode Fonik Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Kelompok B di TK Damhil DWP UNG Kelurahan Limba U 2 Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. Setiyo Utoyo M.Pd, Pembimbing II : Dr. Pupung Puspa Ardini, S.Pd, M.Pd,
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empirik tentang Efektivitas Metode Fonik Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Kelompok B di TK Damhil DWP UNG Kelurahan Limba U 2 Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu ekperimen dengan desain one-group pretest-posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu performance test. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas B di TK Damhil DWP UNG Kelurahan Limba U 2 Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo dengan jumlah 102 siswa dan sampel pada penelitian ini yaitu kelompok B di TK Damhil DWP UNG Kelurahan Limba U 2 Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo dengan jumlah 30 siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis statistik.
Hasil penelitian ini diperoleh data, dapat diketahui bahwa nilai test pretest normalitas yakni sebesar, 0.014 dan posttest normalitas sebesar 0.060 yang berarti bahwa pretest dan posttest memiliki tingkat kenormalan 0,05. Nilai homogenitas yakni sebesar 0.941 yang berarti bahwa memiliki varians yang sama atau homogen dengan melebihi taraf signifikan sebesar 0,05. Uji hipotesis menggunakan uji t one- sample 0,05 dengan tabel distribusi diperoleh 1,697. Dengan membandingkan harga t hitung = 59,766 > dari t tabel = 1,697, maka Ho ditolak dan H1 diterima. Sehingga berdasarkan hasil terebut dapat di simpulkan terdapat efektivitas metode fonik terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B di TK Damhil DWP UNG Kelurahan Limba U 2 Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo.
Kata Kunci : Anak Kelompok B, Metode Membaca, Membaca Permulaan, Fonik
Download berkas