Penulis / NIM
MEGAWATY KASIM / 153414040
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. TUTI WANTU, M.Pd, Kons / 0016036105
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Abstrak
ABSTRAK
Megawaty Kasim. 2018. Deskripsi Kemampuan Mengurutkan Benda Berdasarkan Ukuran Menggunakan Alat Permainan Edukatif Pada Anak Kelompok B TK Abdi Jaya 1 Hepuhulawa Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Univerasitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dra. Hj. Tuti Wantu, M.Pd. Kons Pembimbing II: Dra. Rapi Us. Djuko M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah Kemampuan Mengurutkan Benda Berdasarkan Ukuran Menggunakan Alat Permainan Edukatif Pada Anak Kelompok B TK Abdi Jaya 1 Hepuhulawa Kabupaten Gorontalo?. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan mengurutkan benda berdasarkan ukuran menggunakan alat permainan edukatif pada anak kelompok B TK Abdi Jaya 1 Hepuhulawa Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan keadaan yang natural di sekolah tersebut. Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengurutkan benda berdasarkan ukuran menggunakan alat permainan edukatif yaitu : 1. Mengurutkan benda dari ukuran kecil hingga besar ada 18 anak yang sudah mampu dan 2 anak masih kurang mampu, 2. Mengurutkan benda dari ukuran pendek hingga panjang, 17 anak sudah mampu melakukannya sendiri dan 3 anak lainnya kurang mampu, 3. Mengurutkan benda dari ukuran rendah hingga tinggi ada 16 anak yang sudah mampu dan 4 anak masih kurang mampu. Hal ini menunjukkan bahwa ketersediaan alat permainan edukatif sangat penting untuk membantu anak dalam mengasah kemampuan yang ia miliki, salah satunya adalah kemampuan mengurutkan benda berdasarkan ukuran.
Kata Kunci : Kemampuan Mengurutkan Benda Berdasarkan Ukuran, Alat Permainan Edukatif.
Download berkas