Penulis / NIM
ROSTIANA PEMBENGO / 153414042
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr SETIYO UTOYO, M.Pd / 0022087203
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
Rostiana Pembengo. 2018 Pengaruh Penggunaan Media Grafis Terhadap Kemampuan Klasifikasi Pada Anak Kelompok B TK Abdi Jaya 1 Kelurahan Hepuhulawa Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. Setiyo Utoyo M.Pd, Pembimbing II : Irvin Novita Arifin S.Pd M.Pd
Penelitian ini untuk memperoleh data dari Pengaruh Penggunaan Media Grafis Terhadap Kemampuan klasifikasi Pada Anak Di kelompok B TK Abdi Jaya 1 Kelurahan Hepuhulawa Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian Eksperimen dengan pre-experimental (one grup pretest posttest design). Dari hasil penelitian menggambarkan bahwa terdapat perbedaan antara kemampuan klasifikasi pada anak sebelum menggunakan media grafis interaktif dan sesudahnya, dapat dibuktikan dengan jumlah nilai rata-rata sebelum (pretest) menggunakan media grafis terhadap kemampuan klasifikasi pada anak adalah 21.36 sedangkan nilai rata-rata kemampuan klasifikasi pada anak sesudah (posttest) menggunakan media grafis terhadap kemampuan klasifikasi anak usia dini adalah 45.56. Hasil tersebut membuktikan perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah pemberian perlakuan.
Berdasarkan output Test Statistics, diketahui Asymp.sig.(tailed) bernilai 0.002. karena nilai 0.002 lebih kecil dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima. Dengan demikian, hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media grafis terhadap kemampuan klasifikasi pada anak kelompok B TK Abdi Jaya 1 Hepuhulawa Kecamatan Limboto.
Kata Kunci: Penggunaan Media Grafis, Kemampuan Klasifikasi Pada Anak
Download berkas