Penulis / NIM
INDAWATI AMAR / 153415018
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr SETIYO UTOYO, M.Pd / 0022087203
Pembimbing 2 / NIDN
ICAM SUTISNA, S.Pd, M.Pd / 0001027805
Abstrak
ABSTRAK
Indawati Amar. 2021 Pengaruh Media Playdough Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Negeri Pembina Kota Gorontalo. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo.Pembimbing 1:Dr. Setyo Utoyo, M.Pd, Pembimbing II: Icam Sutisna S.Pd, M.Pd
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh media playdough terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia 4-5 tahun di TK Negeri Pembina Kota Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen pre-experimental (one group pretest-posttest design). Dari hasil penelitian dengan jumlah sampel 17 anak menunjukan adanya peningkatan besaran rata-rata hasil pretest dan posttest. Hal ini dapat dilihat pada data pretest memperoleh nilai rata-rata 18,47 dan standar deviasi 2,3748. Sedangkan pada data posttest memperoleh nilai rata-rata 30,05888 dan standar deviasi 3,6832197192. Hasil pengujian dengan uji t menunjukkan thitung sebesar 36,2017971302 sedangkan dari daftar distribusi diperoleh nilai ttabel sebesar 1,746. Ternyata harga thiting lebih besar dari ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan menolak Ho dalam hal ini terdapat pengaruh yang signifikan antara Media PlaydoughTerhadap Kemampuan Mengenal Konsep bilangan pada anak usia 4-5 tahun di TK Negeri Pembina Kota Gorontalo.
Kata kunci: Media Playdough, Konsep Bilangan, Taman Kanak-Kanak
Download berkas