Penulis / NIM
						INDAWATI AMAR / 153415018
						Program Studi
						S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
						Pembimbing 1 / NIDN
						Dr SETIYO UTOYO, M.Pd / 0022087203
						Pembimbing 2 / NIDN
						ICAM SUTISNA, S.Pd, M.Pd / 0001027805
						Abstrak
						ABSTRAK
Indawati  Amar.  2021  Pengaruh Media Playdough Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Negeri Pembina Kota Gorontalo. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri  Gorontalo.Pembimbing 1:Dr. Setyo Utoyo, M.Pd, Pembimbing II: Icam Sutisna S.Pd, M.Pd
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh media playdough terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia 4-5 tahun di TK Negeri Pembina Kota Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen pre-experimental (one group pretest-posttest design). Dari hasil penelitian dengan jumlah sampel 17 anak menunjukan adanya peningkatan besaran rata-rata hasil  pretest dan posttest. Hal ini dapat dilihat pada data pretest memperoleh nilai rata-rata 18,47 dan standar deviasi 2,3748. Sedangkan pada data posttest memperoleh nilai rata-rata 30,05888 dan standar deviasi 3,6832197192. Hasil pengujian dengan uji t menunjukkan  thitung sebesar 36,2017971302 sedangkan dari daftar distribusi diperoleh nilai ttabel sebesar 1,746. Ternyata harga thiting lebih besar dari ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan menolak Ho dalam hal ini terdapat pengaruh yang signifikan antara Media PlaydoughTerhadap Kemampuan Mengenal Konsep  bilangan pada anak usia 4-5 tahun  di TK Negeri Pembina Kota Gorontalo.
Kata kunci: Media Playdough, Konsep Bilangan, Taman Kanak-Kanak
						Download berkas