Penulis / NIM
IRNA OKTAVIANTI MOKO / 153415030
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Pembimbing 2 / NIDN
DR UMMYSALAM A.T.A. DULUDU, M.Pd / 0015056606
Abstrak
ABSTRAK
Irna Oktavianti Moko. 2020. Deskripsi Perkembangan Sosial Emosional Kelompok B di TK Pembina KI Hajar Dewantoro Kota Selatan Kota Gorontalo. Pendidikan guru pendidikan anak usia dini fakultas ilmu pendidikan universitas negeri gorontalo. Pembimbing I : Dra. Rapi Us Djuko, M.Pd, Pembimbing II : Dr. Ummyssalam A.T.A Duludu, M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Perkembangan Sosial Emosional Kelompok B Di TK Pembina Ki Hajar Dewantoro Kota Selatan Kota Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan sosial emosional pada anak . metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumensi.
Berdasarkan hasil penelitian lapangan deskripsi perkembangan sosial emosional kelompok B di TK Pembina Ki Hajar Dewantoro Kota Selatan Kota Gorontalo dari 3 indikator yaitu 1) kesadaran diri yaitu memperlihatkan kemampuan diri untuk menyesuaikan dengan situasi dan mengenal perasaan sendiri dan mengolanya secara wajar terdapat 13 anak yang mampu dan 6 anak yang belum mampu 2) rasa tanggung jawab untuk diri sendiri dan orang lain yaitu mengatur diri sendiri dan bertanggung jawab atas perilakunya untuk kebaikan diri sendiri terdapat 14 anak yang mampu dan 5 anak yang belum mampu. 3) perilaku prososial yaitu bermain dengan teman sebaya, berbagi dengan orang lain, mengetahui perasaan temannya dan mengekspresikan emosi sesuai dengan kondisi yang ada terdapat 11 anak yang mampu dan 8 anak yang belum mampu.
Kata Kunci : Perkembangan Sosial Emosional
Download berkas