Penulis / NIM
SALMA ALIMULA / 153415041
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. PUPUNG PUSPA ARDINI, S.Pd,M.Pd,MCE / 0010118302
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Abstrak
ABSTRAK
Salma.2022 Pengaruh Dongeng Modern Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Negeri Pembina Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dr. Pupung Puspa Ardini, M.Pd, Pembimbing II : Dra. Rapi Us Djuko, M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh dongeng modern terhadap kemampuan berpikir kreatif Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Negeri Pembina Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen pre-exsperimental (one group pretest-posttest design). Dari hasil penelitian dengan jumlah sampel 20 anak menunjukkan adanya peningkatan besaran rata-rata hasil pretest dan posttest. Hal ini dapat dilihat pada data pretest memperoleh nilai rata-rata 16,25 dan standar deviasi 6,042. Sedangkan pada data posttest memperoleh nilai rata-rata 22,20 dan standar deviasi 5,425.
Berdasarkan uji t-test menggunakan rumus related berpasangan. Dari hasil uji signifikan diperoleh nilai thitung= 7,97 sedangkan nilai ttabel pada (�±)=0,05 yakni sebesar 2,093. jadi thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima artinya ada pengaruh antara dongeng modern modern terhadap kemampuan berpikir kreatif anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Ki Hajar Dewantara Kota Gorontalo.
Kata kunci : Dongeng Modern, Kemampuan Berpikir Kreatif, Taman Kanak-Kanak
Download berkas