Penulis / NIM
STEFIANA IBRAHIM / 153415045
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Pembimbing 2 / NIDN
SRI WAHYUNINGSI LAIYA, S.Pd., M.Pd / 0028087906
Abstrak
Stefiana Ibrahim, 2021. Hubungan Kemampuan Kognitif Dengan Pembelajaran Sains Anak Kelompok B TK Negeri Pembina Lemito. Skripsi, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Sri Wahyuningsi Laiya, S.Pd, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan kognitif dengan pembelajaran sains pada kelompok B TK Negeri Pembina Lemito Kecamatan Lemito Kabupeten Pohuwato. Subjek penelitian adalah anak kelompok B dengan sampel penelitian 25 anak yang terdiri 12 anak laki-laki 15 anak perempuan. Tehnik pengumpulan data yang di gunakan pada penelitian ini menggunakan teknik observasi dan secara luring yaitu dengan mendatangi anak satu persatu di rumah masing-masing, di karenakan masih dalam faktor COVID-19. Data yang di kumpulkan adalah kemampuan kognitif dan pembelajaran sains. Dalam penelitian ini menyatakan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat antara Kemampuan Kognitif Dengan Pembelajaran Sains anak dengan nilai r = 0,95. Sedangkan dari hasil uji t menunjukan bahwa nilai rhitung = 5,056 > dari nilai ttabel = 2,060 dengan kata lain thitung>ttabel maka H0 ditolak Ha diterima sehingga terdapat korelasi atau hubungan antara Kemampuan kognitif Dengan Pembelajaran Sains anak Kelompok B TK Negeri Pembina Lemito Kecamatan Lemito Kabupaten Pohuwato.
Kata Kunci : Kognitif, Pembelajaran, Sains
Download berkas