Penulis / NIM
RUGAIYAH ABUDI / 153415056
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. PUPUNG PUSPA ARDINI, S.Pd,M.Pd,MCE / 0010118302
Pembimbing 2 / NIDN
NUNUNG SURYANA JAMIN, SE, M.Si / 0021127903
Abstrak
ABSTRAK
Rugaiyah Abudi. 2022. Studi Kasus Emotional Well-being pada Anak Kelompok B di TK Al-Khairat Kecamatan Tomini Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Pupung Puspa Ardini, M.Pd dan Pembimbing II Nunung Suryana Jamin, SE, M.Si
Permasalahan dalam penelitian ini adalah emosional Well-being pada Anak Kelompok B di TK Al-Khairat Kecamatan Tomini Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan emosional Well-being pada Anak Kelompok B di TK Al-Khairat Kecamatan Tomini Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa emotional well-being pada Anak Kelompok B di TK Al-Khairat Kecamatan Tomini Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan) belum maksimal. Hal ini berdasarkan apa yang dialami oleh subjek sejak peneliti melakukan penelitian. Dimana perkembangan emotional well-being dari subjek belum terlihat berdasarkan indikator yang diteliti. Pada indikator mengenal emosi dirinya subjek belum dapat mengenal emosi diri namun secara perlahan-lahan subjek dengan bantuan dan bimbingan dari guru sehingga subjek dapat mengenal emosi dirinya. Indikator mengatur emosi sesuai dengan situasi dan kondisi diri subjek belum sepenuhnya dapat mengatur emosinya dimana pada saat kegiatan pembelajaran subjek sering mengusik temannya yang sedang belajar. Indikator memanfaatkan emosi dirinya secara positif subjek dapat melakukannnya dimana saat subjek menginginkan sesuatu ia hanya diam serta menunjuk apa yang ia inginkan tanpa harus merampasnya secara langsung dari temannya, dan pada indikator memiliki pertahanan diri dalam menghadapi setiap persoalan subjek belum dapat melakukannya dimana ketika subjek menghadapi suatu persoalan ia hanya diam dan menangis. Hal ini tidak lepas dari karakteristik anak yang berbeda-beda, begitu pula dengan subjek penelitian yang belum memiliki perkembangan emotional well-being. Kesimpulan dari penelitian ini yakni emotional well-being pada Anak Kelompok B di TK Al-Khairat Kecamatan Tomini Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan beluum maksimal.
Kata Kunci : Emotional, Well-being
Download berkas