Penulis / NIM
NI PUTU JULI RAHMADANI / 153416003
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr SETIYO UTOYO, M.Pd / 0022087203
Pembimbing 2 / NIDN
ICAM SUTISNA, S.Pd, M.Pd / 0001027805
Abstrak
ABSTRAK
Ni Putu Juli Rahmadani. 2020. NIM 153 416 003 Ã���Ã..." Deskripsi Kemampuan
Menggambar Anak Usia 4-5 TahunÃ���Ã�ÂÂ. Skripsi Program studi S1 PG-PAUD,
Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri
Gorontalo. Dosen Pembimbing Dr. Setiyo Utoyo, M.Pd selaku pembimbing I dan
Icam Sutisna, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing II.
Masalah dalam penelitian adalah Ã���Ã..."bagaimana kemampuan menggambar anak usia
4-5 Tahun di RA Sabilil Ilmi Kota Gorontalo���� penelitian ini bertujuan untuk
mendapatkan informasi tentang kemampuan menggambar anak usia 4-5 Tahun di
RA Sabiil Ilmi Kota Gorontalo. penelitian ini menggunakan metode penelitian
deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah anak kelompok A Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara
dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model interaktif oleh
Miles dan Huberman. Dari hasil penelitian ditemukan tentang kemampuan
menggambar anak di RA Sabilil Ilmi Kota Gorontalo yang dapat teramati secara
optimal yaitu mengacu pada pada 2 (dua) dimensi atau indikator yaitu Scribbling
(coreng-mencoreng) dan Schematic (prabagan). Pada tahapan Scribbling (corengmencoreng)
dimana semua anak sudah melewati tahapan ini atau sudah berada pada
tahapan menggambar selanjutnya yaitu Schematic (prabagan) pada tahapan ini
sebagian besar anak sudah bisa dikatakan optimal sesuai dengan keunikan yang
dibuat anak dalam tingkat kemampuan menggambarnya..
Kata kunci: Kemampuan, Menggambar, Anak
Download berkas