SKRIPSI

Penulis / NIM
WINTA HULOPI / 153416004
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr SETIYO UTOYO, M.Pd / 0022087203
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
Abstrak Winta Hulopi. 2020. NIM 153 416 004 ..."Deskripsi Kemampuan Kognitif AnakUsia 5-6 Tahun. Skripsi Program studi SI Pg-Paud, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorotalo. Dosen pembimbing Prof.Dr.Ruslin W. Badu, M.Pd selaku Pembimbing I dan Dr. Irvin NovitaArifin, M.Pd selaku Pembimbing II. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Kota Gorontalo. Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah kelompok B2 yang berjumlah 17 anak dan sebagai Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang penelti lakukan dapat disimpulkan bahwa kemampuan kognitif anak usia 5 - 6 tahun di TK Negeri Pembina Kota Gorontalo pada indikator yang telah disajikan pada kisi-kisi isntrumen penelitian bahwa kemampuan kognitif anak sudah berkembang. Dilihat dari temuan data hasil observasi bahwa dalam menggunakan lambang bilangan untuk menghitung sudah berkembang sangat baik dengan presentase 100 % tetapi dalam menghubungkan lambang bilangan atau gambar benda dengan angka untuk menghitung masih terdapat 9 anak dengan presentase 52,94% belum mampu menghubungkan lambang bilangan atau gambar benda dengan angka untuk menghitung. Dalam mengerjakan kegiatan menghitung bilangan berdasarkan warna, bentuk, ukuran dan jenis, anak cepat mengalami kebosanan karena media yang diberikan tidak menarik. Sedangkan dalam mengkalisifikasikan benda yang lebih banyak ke dalam kelompok yang sama atau berpasangan yang lebih dari 2 terdapat 10 anak dengan presentase 58,82% yang kemampuannya masih dalam kategori berkembang sesuai harapan dan 1 anak lainnya dalam kategori mulai berkembangdimana anak masih dibantu oleh gurunya dalam mengerjakan tugasnya. Kemampuan kognitif merupakan salah satu kemampuan yang paling penting bagi anak sehingga itu kemampuan kognitif ini dapat diberikan sejak dini sehingga pada jenjang selanjutnya kemampuan kognitif anak sudah berkembang secara optimal. Kata Kunci: Kemampuan Kognitif, Anak Tk
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011