Penulis / NIM
NURLINANG / 153416005
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Pembimbing 2 / NIDN
SRI WAHYUNINGSI LAIYA, S.Pd., M.Pd / 0028087906
Abstrak
ABSTRAK
Nurlinang. 2022. NIM 153416005 Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Kelompok B di "Kiddie Care" Laboratorium Universitas Negeri Gorontalo. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan, Pembimbing I: Dra. Rapi Us Djuko, M.Pd Pembimbing II : Sri Wahyuningsi Laiya, S.Pd, M.Pd.
Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengdeskripsikan Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Kelompok B di Kiddie Care Laboratorium Universitas Negeri Gorontalo Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif dan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru dan anak yang ada di Kiddie Care. Analisis data yang dilakukan dengan mendeskripsikan hal-hal yang ditemukan di lapangan yang berhubungan peran guru sebagai pendidik, guru, sebagai pengajar, guru sebagai pembimbing, guru sebagai pendorong kreativitas dalam mengembangkan kreativitas Anak di Kiddie Care Laboratorium Universitas Negeri Gorontalo. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: dalam proses kegiatan perkembangan kreativitas anak disekolah guru menyediakan fasilitas dan media pembelajaran belajar untuk membuat suatu karya, guru mengawasi kegiatan belajar anak dan selalu memotivasi anak selama belajar disekolah.
Kata kunci: Peran guru, kreativitas, Anak usia dini
Download berkas