SKRIPSI

Penulis / NIM
KARLINANGSIH HUSAIN / 153416019
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr SETIYO UTOYO, M.Pd / 0022087203
Pembimbing 2 / NIDN
SRI WAHYUNINGSI LAIYA, S.Pd., M.Pd / 0028087906
Abstrak
ABSTRAK Karlinangsi Husain, NIM. 153416019. 2021. Deskripsi Kemampuan Menggambar Bebas Anak Kelompok B TK Permata DesaAyulaSelatan Kecamatan Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango Gorontalo. FakultasIlmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Setiyo Utoyo, M.Pd, dan pembimbing II Sri Wahyuningsi Laiya, S.Pd, M.Pd. Permasalahan bahwa kualitas kemampuan yang dimiliki anak dalam menggambar bebas TK Permata Desa Ayula Selatan masih perlu bimbingan. Rumusan Masalah yaitu Bagaimna kemampuan menggambar bebas pada anak Kelompok B TK Permata DesaAyula Selatan KecamatanBulango Selatan Kabupaten Bone Bolango?Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui kemampuan menggambar bebas pada anakKelompok B TK Permata DesaAyula Selatan KecamatanBulango Selatan Kabupaten Bone Bolango. Hasil penelitian bahwa metode menggambar bebas yaitu Mengungkapkan ide gagasan melalui sebuah gambar anak sudah bisa menggambar keluarganya, Aktivitas mencoret-coret media kertas, anak membuat coretan yang membentuk sebuah gambar memiliki makna, Membentuk seni menggambar bebas, anak sudah mampu menyesuaikan warna yang sesuai dengan gambar. Hasil indikator diatas sudah terlaksana dengan baik dan terlihat peningkatan dalam menggambar bebas. Data yang ditemui dilapangan bahwa masih ada beberapa anak yang masih perluh dibantu oleh guru, membuat bentuk bervariasi, saat mengungkapkan idenya masih dibantu oleh guru dalam hal menggambar dan memadukan warna. Oleh sebab itu guru harus menguasai isi materi/cara menggambar serta memberivariasi-variasi dalam pembelajaran sehingga dapat menarik minat anak serta pembelajaran lebih mudah diserap oleh anak. Kesimpulan Bahwa dalam kegiatan menggambar bebas, gambar setiap anak bervariasi. Hal ini dikarenakan dalam proses berkreativitas anak diberikebebasan dalam mengkreasikanapa yang ada dalam imajinasi sesuai dengan ide-ide dan pengalaman yang dimiliki oleh setiap individu. Penggunaan metode menggambar bebas dapat meningkatkan keberanian anak untuk pembelajaran kemampuan kreatifitas. Kata Kunci :Kemampuan, MenggambarBebas
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011