Penulis / NIM
NUR`AIN KIDAMU / 153416025
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr SETIYO UTOYO, M.Pd / 0022087203
Pembimbing 2 / NIDN
ICAM SUTISNA, S.Pd, M.Pd / 0001027805
Abstrak
ABSTRAK
Nurain kidamu, NIM. 153416025. 2021. Deksripsi Kemampuan Bermain Pantun/Tujai Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Candra Kirana Tapa Kabupaten Bone Bolango. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Setiyo Utoyo, M.Pd, dan pembimbing II Icam Sutisna, S.Pd, M.P.
Permasalahan bahwa Adapun pantun dalam pembelajaran ini lebih mengarah pada daerah yakni dengan makna tujaI yaitu penyambutan tamu yang diwakili oleh anak-anak TK mengajarkan anak untuk mengenal dan mendalami lagi adat istiadat gorontalo melalui pembelajaran sejak dini.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana kemampuan bermain pantun/tujai pada anak usia 5-6 tahun di TK candra kirana tapa kabupaten bone bolango? Tujuan pada penelitian ini yakni untuk mengetahui kemampuan bermain pantun/tujai pada anak usia 5-6 tahun di TK candra kirana tapa kabupaten bone bolango Metode digunakan adalah pendekatan kualitatif.
Hasil penelitian bahwa tujaI digunakan untuk menyambut tamu besar yang berkunjung, seperti tamu dari kecamatan, dan kabupaten selain itu juga mengikuti lomba sampai tingkat provinsi. Kegiatan tujaI yang dilakukan di TK dengan menggunakan Tema budaya daerah gorontalo, selain tema terdapat satu hari dimana anak-anak belajar bahasa daerah dan dsitu juga disisipkan bacaan tujaI, agar anak-anak terbiasa mengucapkan bahasa daerah dan mengenal budaya daerah gorontalo.
Kesimpulan Bahwa Pada pembelajaran tujaI dibelajarkan setiap satu judul dalam pembelajaran, nanti sudah dikuasai oleh anak baru dilanjutkan lagi judul berikutnya, pembelajaran tujaI dilakukan secara berulang-ulang seperti mengajarkan syair pada anak. Judul judul dalam tujaI Mopolahu Tou Ta Eya, Mopontalengo, Mopodiambango, Mopotupalo, Mopotuwoto, Mopohuloo.
Kata Kunci : Bermain Pantun/Tjai
Download berkas