Penulis / NIM
NURSINTA R. GOBEL / 153416029
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr SETIYO UTOYO, M.Pd / 0022087203
Pembimbing 2 / NIDN
ICAM SUTISNA, S.Pd, M.Pd / 0001027805
Abstrak
ABSTARAK
Nursinta R, Gobel. 2020 Pengaruh Pembelajaran Outdoor Terhadap Kecakapan Sosial Anak Kelompok B di TK Negeri Pembina Kota Selatan Kota Gorontalo. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu PendidikanUniversitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dr. Setiyo Utoyo, M.Pd, Pembimbing II : Icam Sutisna, S, Pd, M,Pd.
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh kegiatan pembelajaran outdoor terhadap kecakapan sosial anak kelompok B di TK Negeri Pembina Kota Selatan Kota Gorontalo. Tujuan peneltian ini untuk mengetahui data pengaruh kegiatan pembelajaran outdoor terhadap kecakapan sosial anak kelompok A di TK Negeri Pembina Kota Selatan Kota Gorontalo. Motode penelitian ini yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif Eksperimen pre-eksperimental (one group pretest- posttest design). Hasil penelitian dengan jumlah sampel 25 anak menunjukkan adanya perbedaan besaran rata-rata hasil pretest dan postest. Hal ini dapat dilihat pada data pretest memperoleh nilai rata-rata 4,000 dan standar deviasi 2,000. Sedangkan pada data posttest memperoleh nilai rata-rata 2,410 dan standar deviasi 1,552. Hasil tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan sebelum dan sesudah pemberian perlakuan. Berdasarkan output Tes Statistics, diketahui sig.n (2-tailed) bernilai 0,000. Oleh karena nilai 0,000 0,05 maka hipotesis diterima. Dengan demikian, hipotesis penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran outdoor terhadap kecakapan sosial anak kelompok B di TK Negeri Pembina Kota Selatan Kota Gorontalo.
Kata kunci: Pembelajaran Outdoor, Kecakapan Sosial, Taman Kanak-Kanak
Download berkas