Penulis / NIM
DINDA AMALIA PUJIYANTY HIMBA / 153416034
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr SETIYO UTOYO, M.Pd / 0022087203
Pembimbing 2 / NIDN
ICAM SUTISNA, S.Pd, M.Pd / 0001027805
Abstrak
ABSTRAK
Dinda Amalia Pujiyanty Himba. 2020. Pengaruh Menulis Angka Pada Pasir Terhadap Kemampuan Berfikir Simbolik Anak Kelompok B di TK Negeri Pembina Kota Selatan Kota Gorontalo. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dr. Setiyo Utoyo, M.Pd, Pembimbing II : Icam Sutisna S.Pd M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh menulis angka pada pasir terhadap kemampuan berpikir simbolik anak kelompok B di Tk Negeri Pembina Kota Selatan Kota Gorontalo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui data pengaruh menulis angka pada pasir terhadap kemampuan berfikir simbolik anak kelompok B di TK Negeri Pembina Kota Selatan Kota Gorontalo.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif Eksperimen pre-experimental (one group pretest-posttest design). Dari hasil penelitian dengan jumlah sampel 25 anak menunjukan adanya peningkatan besaran rata-rata hasil pretest dan posttest. Hal ini dapat dilihat pada data pretest memperoleh nilai rata-rata 15,2 dan standar deviasi 1,84120. Sedangkan pada data posttest memperoleh nilai rata-rata 26 dan standar deviasi 1,780783. Hasil tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan sebelum dan sesduah pemberian perlakuan.Berdasarkan output Tes Statistics, diketahui sig.n (2-tailed) bernilai 0,000. Oleh karena nilai 0,000 < 0.05 maka hipotesis diterima. Dengan demikian, hipotesis penelitian mengatakan bahwa terdapat pengaruh menulis angka pada pasir terhadap kemampuan berfikir simbolik anak kelompok B di TK Negeri Pembina Kota Selatan Kota Gorontalo.
Kata kunci: Menulis Angka Pada Pasir, Berfikir Simbolik, Anak Usia Dini
Download berkas