Penulis / NIM
LISA SEPTIANI / 153416036
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
Lisa Septiani, 2020. Pengaruh Permainan Ular Tangga Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Kelompok A TK Negeri Pembina Kota Selatan. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dra. Rapi Us. Djuko, M.Pd Dan Pembimbing II Dr. Irvin Novita Arifin, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat Pengaruh Permainan Ular Tangga Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Kelompok A TK Negeri Pembina Kota Selatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Permainan Ular Tangga Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf. Metode Penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan desain one grup pretest dan posttest. Dari hasil penelitian menggabarkan bahwa terdapat perbedaan antara kemampuan mengenal huruf sebelum menggunakan permainan ular tangga dan sesudahnya, dapat di buktikan dengan jumlah nilai rata-rata sebelum menggunakan permainan ular tangga adalah 38.06 sedangkan nilai rata-rata setelah menggunakan permainan ular tangga adalah 62.86. Hasil tersebut membuktikan perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah pemberian perlakuan. Berdasarkan uji t/test menggunakan related berpasangan diperoleh hasil uji signifikan di peroleh nilai t hitung = 86,13 sedangan nilai ttabel pada () = 0,05 yakni sebesar 1,697. Jadi t hitung t tabel 86,13 1,697 atau p-value > alpha 30 > 0,05 dengan kata lain t hitung > t tabel maka Ho di tolak atau Ho di terima artiny ada pengaruh permainan ular tangga terhadap kemampuan anak mengenal huruf di TK Negeri Pembina Kota Selatan.
Kata Kunci : Kemampuan Mengenal Huruf, Ular Tangga.
Download berkas