Penulis / NIM
SITI ASNIARTI DJAMBAK / 153416040
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Pembimbing 2 / NIDN
SRI WAHYUNINGSI LAIYA, S.Pd., M.Pd / 0028087906
Abstrak
ABSTRAK
Siti Asniarti Djambak, 2016. Peran Guru Dalam Kegiatan Membaca Pembelajaran Membaca Awal di Kelompok B pada Masa Covid-19 di Tk Nusa Indah Kelurahan Pauwo Kecamatan Kabila Kabupaten Bone bolango. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini , Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd, dan dosen pembimbing II Sri Wahyuningsi Laiya, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam memberikan pengajaran khususnya pada kegiatan membaca awal anak di Kelurahan Pauwo. Permasalahn dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru pada masa pandemic seperti saat ini dalam mempersiapakan anak didik mereka untuk melangkah ke jenjang pendidikan yang formal (SD) khususnya mempersiapkan anak didik untuk kegiatan membaca. Metode yang di gunakan pada penelitian ini adalah kualitatif serta tehnik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil temuan di Tk Nusa Indah Kelurahan Pauwo ini maka kesimpulan dari penelitian ini adalah peranan guru dalam memenuhi kebutuhan anak dalam kegiatan membaca awal. Peran guru pada kegiatan membaca awal ini di awali dengan guru sebagai pencetus ide-ide memodifikasi model pembelajaran untuk penyesuaian dengan masa pandemic sampai peranan guru dalam memberikan penilaian pada anak telah di realisasikan dengan baik oleh para guru khususnya guru kelas B agar persiapan anak untuk melanjutkan pendidikan sudah mantap dan terarah.
Kata Kunci : Peran Guru, Membaca Permulaan
Download berkas