Penulis / NIM
FRISKA LAKORO / 153416042
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Pembimbing 2 / NIDN
ICAM SUTISNA, S.Pd, M.Pd / 0001027805
Abstrak
ABSTRAK
Friska Lakoro. 2020.Pegaruh Metode Mendongeng Terhadap Kemampuan Menyimak Pada Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Damhil Dharma Wanita Persatuan Universitas Negeri Gorontalo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakuktas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Irvin Novita Arifin, M.Pd dan Pembimbing II Icam Sutisna, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah Metode Medongeng berpengaruh terhadap Kemampuan Menyimak Pada Anak Kelompok B Di TK Damhil Dharma Wanita Persatuan Universitas Negeri Gorontalo.Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengaruh Metode Mendongeng Terhadap Kemampuan Menyimak Pada Anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Kuantitatif dengan desain one group pretest posttest. Dari hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat perbedaan antara kemampuan menyimak anak sebelum dan sesudah menggunakan metode mendongeng, dapat dibuktikan dengan jumlah rata-rata sebelum menggunakan metode mendongeng adalah 22,26 sedangkan nilai rata-rata kemampuan menyimak sesudah menggunakan metode mendongeng adalah 30,66. Hasil tersebut membuktikan perbedaan signifikan sebelum dan sesudah pemberian perlakuan.Berdasarkan uji t-test menggunakan rumus related berpasangan di peroleh hasil uji signifikan diperoleh nilai t hitung= 10,76 sedangkan nilai t table pada () = 0,05 yakni sebesar 1,697. Jadi t hitung t table 10,76 1,697 atau p-value > alpha 30 > 0,05 dengan kata lain t hitung>ttable maka Ho ditolak atau Ha diterima artinya ada pengaruh antara metode mendongeng terhadap kemampuan menyimak anak di TK Damhil Dharma Wanita Persatuan Universitas Negeri Gorontalo.
Kata kunci : Metode, Mendongeng,Kemampuan Menyimak.
Download berkas