Penulis / NIM
NOPITA SARI / 153416045
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Pembimbing 2 / NIDN
SRI WAHYUNINGSI LAIYA, S.Pd., M.Pd / 0028087906
Abstrak
ABSTRAK
Nopita Sari 2020. Analisis Kegiatan Seni Rupa Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina Ki Hadjar Dewantoro Kecamatan Dungingi. Skripsi. Universitas Negeri Gorontalo. Fakultas Ilmu Pendidikan. Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Pembimbing I Dr. Irvin Novita Arifin, M.Pd dan Pembimbing II Sri Wahyuningsi Laiya, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni ��Ã..."Bagaimana Kegiatan Seni Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Negeri Pembina Ki Hadjar Dewantoro Kecamatan Dungingi. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kegiatan seni rupa anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Ki Hadjar Dewantoro Kecamatan Dungingi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik persentase.
Berdasarkan hasil penelitian kegiatan seni rupa anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Ki Hadjar Dewantoro Kecamatan Dungingi sudah berkembang optimal dilihat pada kegiatan menggambar berbagai macam bentuk yang beragam mencapai 90,62%, selajutnya pada kegiatan melukis dengan berbagai cara dan objek mencapai 100%, selanjutnya pada kegiatan terakhir yaitu membuat karya seperti rupa bentuk sesungguhya dengan berbagai macam bahan (kertas, plastisin, balok, dll) ini mencapai 98%. Kegiatan seni rupa merupakan salah satu yang penting dalam mengembangkan kemampuan seni anak. Adanya kegiatan seni rupa ini menjadikan pembelajaran menjadi menyenangkan. Dengan demikian kegiatan seni rupa dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan seni anak khususnya seni rupa.
Kata Kunci: Kegiatan, Seni Rupa, Anak
Download berkas