Penulis / NIM
HAIRUN NISA PAHRUN / 153416046
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. PUPUNG PUSPA ARDINI, S.Pd,M.Pd,MCE / 0010118302
Pembimbing 2 / NIDN
NUNUNG SURYANA JAMIN, SE, M.Si / 0021127903
Abstrak
ABSTRAK
HAIRUN NISA PAHRUN, 2020. Pengaruh Penggunaan Animasi Gambar
Terhadap Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Anak di TK Negeri Pembina Ki
Hajar Dewantoro Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo, Skripsi, Jurusan
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas
Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Pupung Puspa Ardini, S.Pd, M.Pd, dan
Pembimbing II Nunung S. Jamin SE,M.Si
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat Pengaruh Animasi
Gambar Terhadap Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Anak di TK Negeri
Pembina Ki Hajar Dewantoro Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo. Tujuan
penelitian ini untuk memperoleh data dari Pengaruh Media Animasi Terhadap
Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Anak. Metode Penelitian yang di gunakan
yaitu penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain one grup pretest dan posttest.
Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu test performance. Berdasarkan
hasil penelitian dengan jumlah sampel 30 anak,data pretest setelah dilakukan
analisis diperoleh nilai rata-rata 15,2 sedangkan pada posttestnilai rata-rata 21,2.
Hasil tersebut membuktikan perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah
pemberian perlakuan. Berdasarkan uji t-test menggunakan rumus related
berpasangan diperoleh hasil uji signifikan diperoleh nilai thitung = 27,4 sedangkan
nilai ttabel pada (�±) = 0,05 yakni sebesar 1,697. Jadi thitung > t table 27,4 > 1,697 maka
Ho ditolak atau Ha diterima artinya ada pengaruh antaraPenggunaan Animasi
Gambar Terhadap Kosakata Bahasa Inggris Anak di TK Negeri Pembina Ki Hadjar
Dewantoro Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo.
Kata Kunci : Media Animasi Gambar, Kosakata Bahasa Inggris. Taman kanakkanak
Download berkas