Penulis / NIM
YULIANTI K. ABDULLAH / 153416051
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. PUPUNG PUSPA ARDINI, S.Pd,M.Pd,MCE / 0010118302
Pembimbing 2 / NIDN
NUNUNG SURYANA JAMIN, SE, M.Si / 0021127903
Abstrak
ABSTRAK
YULIANTI K. ABDULLAH, 2020. Pengaruh Media Papan Emoji Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina Ki Hajar Dewantoro Dungingi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Pupung Puspa Ardini, M.Pd Dan Pembimbing II Nunung S. Jamin, SE, M.Si.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat Pengaruh Media Papan Emoji Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina Ki Hajar Dewantoro Dungingi. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh data dari Pengaruh Media Papan Emoji Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Metode Penelitian yang di gunakan yaitu penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain one grup pretest dan posttest. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan yaitu test performance. Berdasarkan hasil penelitian dengan jumlah sampel 30 anak, data pretest setelah dilakukan analisis diperoleh nilai rata-rata 11,2 sedangkan pada posttest nilai rata-rata 17,3. Hasil tersebut membuktikan perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah pemberian perlakuan. Berdasarkan uji t-test menggunakan rumus related berpasangan diperoleh hasil uji signifikan diperoleh nilai t hitung = -25,4 sedangkan nilai ttabel pada (����¯�¿�½') = 0,05. Jadi t hitung ����¯�¿�½���¯���¿���½������¤ ttabel -25,4 ����¯�¿�½���¯���¿���½������¤ 1,697 atau p-value > alpha 4,39 > 0,05 dengan kata lain t hitung> t tabel maka Ho ditolak atau Ha diterimah artinya ada pengaruh Antara Media Papan Emoji Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina Ki Hajar Dewantoro Dungingi.
Kata kunci : Media, Papan Emoji, Kemampuan Berbicara Anak
Download berkas