SKRIPSI

Penulis / NIM
YOLANDA DEHI / 153416055
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Pembimbing 2 / NIDN
ICAM SUTISNA, S.Pd, M.Pd / 0001027805
Abstrak
ABSTRAK Yolanda Dehi, 2020. Pengaruh Pendekatan Multisensori Dalam Pembelajaran Sains Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Kelompok B TK Negeri Pembina Sipatana Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Irvin Novita Arifin, M.Pd Dan Pembimbing II Icam Sutisna, S.Pd , M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah Pengaruh Pendekatan Multisensori Dalam Pembelajaran Sains Berpengaruh Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Kelompok B TK Negeri Pembina Kec. Sipatana Kota Gorontalo. Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh pendekatan multisensori dalam pembelajaran sains terhadap kemampuan pemecahan Masalah. Metode Penelitian yang di gunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan desain one grup pretest dan posttest. Dari hasil penelitian menggambarkan bahwa terdapat perbedaan antara kemampuan pemecahan masalah sebelum menggunakan pendekatan multisensori dalam pembelajaran sains dan sesudahnya, dapat di buktikan dengan jumlah nilai rata-rata sebelum menggunakan pendekatan multisensori dalam pembelajaran sains adalah 21,6 sedangkan nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah sesudah menggunakan pendekatan multisensori dalam pembelajaran sains adalah 30.6. Hasil tersebut membuktikan perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah pemberian perlakuan. Berdasarkan uji t-test menggunakan rumus related berpasangan diperoleh hasil uji signifikan diperoleh nilai t hitung = 38,6 sedangkan nilai ttabel pada (É') = 0,05 yakni sebesar yakni sebesar 1,697. Jika t hitung > ttabel 38,6 > 1,697 maka Ho ditolak atau Ha diterimah. Jika Thitung > Ttabel artinya ada pengaruh Antara Pendekatan Multisensori Dalam Pembelajaran Sains Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah di Kelompok B TK Negeri Pembina Sipatana Kota Gorontalo. Kata kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Pendekatan Multisenosori
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011