Penulis / NIM
SAFITRI ANGGRAINI MULYONO / 153416057
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. PUPUNG PUSPA ARDINI, S.Pd M.Pd / 0010118302
Pembimbing 2 / NIDN
Dr SETIYO UTOYO, M.Pd / 0022087203
Abstrak
ABSTRAK
Safitri Anggraini Mulyono, 2020. Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Disiplin Belajar Pada Anak Kelompok B di TK Indra Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Pupung Puspa Ardini, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Setiyo Utoyo, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat pengaruh pemberian reward terhadap disiplin belajar pada anak kelompok B di TK Indra Limboto Kabupaten Gorontalo?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian reward terhadap disiplin belajar pada anak kelompok B di TK Indra Limboto Kabupaten Gorontalo. Metode Penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan desain one grup pre-test dan post-test. Dari hasil penelitian menggabarkan bahwa terdapat perbedaan antara disiplin belajar anak sebelum diberikan reward dan sesudahnya, hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata sebelum diberikan reward adalah 25,23 sedangkan nilai rata-rata setelah diberikan reward adalah 33,30. Hasil tersebut membuktikan perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah pemberian perlakuan. Berdasarkan uji t-test menggunakan related berpasangan diperoleh hasil uji signifikan di peroleh nilai thitung 18,64 sedangkan nilai ttabel pada (') = 0,05 yakni sebesar 2,042. Jadi t hitung ttabel 20,27 2,750 p-value > alpha 30 > 0,05 dengan kata lain t hitung>t tabel maka Ho ditolak atau Ha diterima artinya terdapat pengaruh pemberian reward terhadap disiplin belajar pada anak kelompok B di TK Indra Limboto Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci: Disiplin Belajar, Anak, Reward
Download berkas