Penulis / NIM
SARLIN LAKORO / 153416060
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. PUPUNG PUSPA ARDINI, S.Pd,M.Pd,MCE / 0010118302
Pembimbing 2 / NIDN
Dr SETIYO UTOYO, M.Pd / 0022087203
Abstrak
ABSTRAK
Sarlin Lakoro. 2020 pengaruh gadget terhadap daya ingat anak pada kelompok B TK Negeri Pembina Kota Gorontalo Provinsi Gorontalo. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. pembimbing I : Dr. Pupung Puspa Ardini, S.Pd, M.Pd, Pembimbing II : Dr. Setiyo Utoyo, M.Pd.
Penelitian ini untuk memperoleh data dari pengaruh gadget terhadap daya ingat anak. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan one group pretest posttest design. Hasil penelitian menggambarkan bahwa terdapat pengaruh antara kemampuan daya ingat anak sebelum menggunakan gadget (permainan memorama) dan sesudahnya. Dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata sebelum (pretest) menggunakan gadget (permainan memorama) dengan kemampuan daya ingat anak adalah 381 dengan nilai rata-rata 12,7, sedangkan nilai rata-rata pada kemampuan daya ingat anak sesudah (posttest) menggunakan gadget (permainan memorama) dengan kemampuan daya ingat anak adalah 630 dengan rata-rata 21. Hasil tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan sebelum dan sesudah pemberian perlakuan. Bersadarkan nilai t_tabel dan t_hitung diperoleh bahwa t_hitung����¥ t_tabel. Oleh karena nilai 0,68 < 1,22 maka hipotesis diterima. Dengan demikian, hipotesis penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh gadget terhadap daya ingat anak di kelompok B di TK Negeri Pembina Kota Gorontalo Provinsi Gorontalo.
Kata Kunci : Gadget, Daya Ingat Anak, Anak Usia Dini.
Download berkas