Penulis / NIM
ROFIKA MOHIE / 153416071
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Pembimbing 2 / NIDN
ICAM SUTISNA, S.Pd, M.Pd / 0001027805
Abstrak
ABSTRAK
Rofika Mohie, Nim153416071. meningkatkan kecerdasan naturalis melalui pendekatan berbasis lingkungan penelitian tindakan kelas, di kelompok B PAUD Puspa Desa Ayula Utara kecamatan Bulango Kabupaten Bonebolango. Tugas akhir studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo 2020. Pembimbing I : Dra. Rapi Us. Djuko, M.Pd dan pembimbing II : Nunung S Jamin, SE, M.Si
Permasalahan penelitian ini apakah kecerdasan naturalis melalui pendekatan berbasis lingungan pada kelompok B PAUD Puspa Desa Ayula Utara. Penelitian ini bermaksud untuk meningkatkan kecerdasan naturalis anak melalui pendekatan berbasis lingungan pada kelompok B PAUD Puspa Desa Ayula Utara. Metode penelitan adalah penelitian tindakan kelas.
Pemecahan masalah pada penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dua petemuan terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan dan yang terakhir tahap evaluasi.
Dari hasil penelitian siklus I, kecerdasan naturalis anak melalui pendekatan berbasis lingkungan memperoleh hasil 33% dari 25 %. Pada siklus II memperlihatkan kecerdasan naturalis anak melalui pendekatan berbasis lingkungan meningkat dari 33% dari 83,33%. Sehingga dapat disimpulkan kecerdasan naturalis anak melalui pendekatan berbasis lingkungan lebih optimal hasilnya.
Kata kunci : Kecerdasan Naturalis
Download berkas