Penulis / NIM
RUSLIN SAID / 153416073
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. PUPUNG PUSPA ARDINI, S.Pd,M.Pd,MCE / 0010118302
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
Ruslin Said. NIM. 153416073. Meningkatkan Kemampuan Berhitung melalui Media Mangkok Hitung pada Anak Kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal IV Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi.Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dr. Pupung Puspa Ardini, M.Pd. dan Pembimbing II Dr. Irvin Novita Arifin, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung melalui media mangkok hitung pada anak Kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal IV Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Variabel penelitian meliputi variabel input, proses, dan output. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi. Data yang terkumpul dianalisis secara persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media mangkok hitung dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak Kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal IV Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalodengan rata-rata pada siklus I tahap I terdapat 9 anak (39,1%) yang Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan setelah diaksanakan kegiatan siklus I tahap II meningkat menjadi 12 anak (52,2%) yang Berkembang Sesuai Harapan (BSH).Kemampuan berhitung melalui media mangkok hitung pada anak Kelompok A setelah dilaksanakan tindakan kelas siklus II terjadi peningkatan. Peningkatan kemampuan berhitung melalui media mangkok hitung setelah dilakukan tindakan kelas siklus II pertemuan I meningkat menjadi 15 anak (65,2%) yang Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan setelah diaksanakan kegiatan siklus II tahap II meningkat menjadi 21 anak (91,3%) yang Berkembang Sesuai Harapan (BSH).
Kata kunci: Berhitung, media, mangkok hitung, Taman Kanak-kanak
Download berkas