Penulis / NIM
NURHAYATI / 153416076
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. PUPUNG PUSPA ARDINI, S.Pd,M.Pd,MCE / 0010118302
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
Nurhayati, 2020. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Pada Anak Kelompok A TK At-Taubah Desa Sejahtera Kecamatan Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Program Studi S1 , Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dr. Pupung Puspa Ardini, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Irvin Novita Arifin S.Pd., M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Permainan Balon Sabun dapat Meningkatkan Kemampuan Anak Dalam Mengenal Warna pada Anak Kelompok A TK At-Taubah Desa Sejahtera Kecamatan Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus.Varibelpenelitianmeliputi variable input, variabel proses dan variable output. Teknikpengumpulan data yang digunakanadalahteknikobservasidandokumentasi.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Pada Anak Kelompok A TK At-Taubah Desa Sejahtera Kecamatan Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini diawali dengan penjelasan tentang jenis warna selanjutnya pembuatan balon sabun yang dilakukan oleh anak kelompok A dengan kisaran usia 4-5 tahun,kemudian dilakukan permainan balon sabun.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan secara bertahap, hal ini dapat dilihat dari data hasil observasi pada Observasi Awal, Siklus I dan Siklus II. Rata-rata perolehan persentase pada observasi awalmenunjukkan persentase sebesar 24%, kemudian mulai adanya peningkatan di Siklus I dengan persentase sebesar 47%, dan meningkat hingga mencapai 90% pada Siklus II untuk kriteria berkembang sesuai harapan.
Kata Kunci : Balon Sabun, Mengenal Warna, Permainan.
Download berkas