Penulis / NIM
HARIYATI VAN GOBEL / 153416078
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MOHAMAD ZUBAIDI, S.Pd., M.Pd / 0022106604
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
Hariyati Van Gobel. Nim. 153416078. 2020. Meningkatkan Kecerdasan Sosial Anak Melalui Bermain Musik Rebana pada Anak Kelompok B di TK Manggis Desa Bongomeme Kecamatan Dungaliyo Kabupaten Gorontalo. Pembimbing I Dr.Mohamad Zubaidi, S.Pd., M.Pd. dan pembimbing II Dr. Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pencapaian perkembangan sosial anak melalui bermain Musik Rebana pada Anak kelompok B di TK Manggis desa Bongomeme Kecamatan Dungaliyo Kabupaten Gorontalo, Metode dalam Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, yang dibagi dalam dua siklus dan masing-masing siklus dilaksanakan dua tahapan.Subjek penelitian adalah kelompok B di TK Manggis desa Bongomeme Kecamatan Dungaliyo Kabupaten Gorontalo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I pertemuan I dan II dengan melaksanakan pembelajaran menggunakan musik rebana belum maksimal, sehingga dilaksanakan tindakan siklus II, hasilnya menunjukkan peningkatan secara signifikan namun belum mencapai target sesuai dengan hipotesis tindakan, dengan demikian peneliti dan guru mitra sepakat untuk melaksanakan tindakan siklus II pertemuan II, hasilnya adalah Aspek Memperlihatkan kemampuan diri untuk menyesuaikan dengan situasi yang memperoleh nilai berkembang sesuai harapan mencapai (80%); atau 20 orang dari 25 anak, untuk kriteria mulai berkembang mencapai (20%); atau 4 orang anak dan tidak terdapat yang memperoleh kriteria belum berkembang. Aspek Menaati aturan kelas (kegiatan, aturan), dari 25 anak yang memperoleh kriteria berkembang sesuai harapan mencapai (80%); atau 20 orang dan yang memperoleh kriteria mulai berkembang mencapai (20%); atau 5 orang sementara tidak terdapat anak yang memperoleh kriteria belum berkembang. Aspek Bermain dengan teman sebaya, dari 25 anak yang yang memperoleh kriteria berkembang sesuai harapan mencapai (80%); atau 20 orang dan yang memperoleh kriteria mulai berkembang mencapai (20%); atau 5 orang sementara tidak terdapat anak yang memperoleh kriteria belum berkembang. Aspek Bersikap kooperatif dengan teman dari 25 anak yang memperoleh kriteria berkembang sesuai harapan mencapai (80%); atau 20 orang dan yang memperoleh kriteria mulai berkembang mencapai (20%); atau 5 orang sementara tidak terdapat anak yang memperoleh kriteria belum berkembang. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bermain musik rebana mampu meningkatkan perkembangan sosial anak Kelompok B di Tk Manggis Desa Bongomeme Kecamatan Dungaliyo Kabupaten Gorontalo.
Kata kunci: Kecerdasan Sosial, Permainan Musik Rebana
Download berkas