Penulis / NIM
SARINTAN I JUSUF / 153416080
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr SETIYO UTOYO, M.Pd / 0022087203
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Abstrak
ABSTRAK
Sarintan I. Jusuf, 2020. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna melalui Finger Painting pada Anak Kelompok B di TK Dahlia Tabongo Barat Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Setiyo Utoyo, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Rapi Us. Djuko, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan finger painting dapat meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak kelompok B di TK Dahlia Tabongo Barat Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo?
Tujuan penelitian ini adalah Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna melalui Finger Painting pada Anak Kelompok B di TK Dahlia Tabongo Barat Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Dengan jumlah anak sebanyak 20 orang anak didik. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian pada observasi awal dari 20 hanya 20% atau hanya 4 orang memiliki kemampuan mengenal warna yang berkembang sesuai harapan dan 80% atau 16 orang anak belum berkembang. Pada siklus 1 pertemuan 1 dan pertemuan 2 mengalami peningkatan sebanyak 30% yaitu 6 orang memiliki kemampuan mengenal warna yang berkembang sesuai harapan sedangkan 14 orang anak belum memiliki kemampuan mengenal warna atau belum berkembang. Pada siklus II mengalami peniingkatan menjadi 80% atau 16 orang memiliki kemampuan mengenal warna yang berkembang sesuai harapan. dan sisanya 10% atau 2 orang mulai berkembang. Hal ini menunjukkan bahwa dengan finger painting dapat meningkatkan kemampuan mengenal warna.
Kata Kunci : â�Å"Mengenal Warna Melalui Finger Paintingâ�Â
Download berkas