Penulis / NIM
SALMA RADJAK KANGO / 153416084
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Pembimbing 2 / NIDN
NUNUNG SURYANA JAMIN, SE, M.Si / 0021127903
Abstrak
ABSTRAK
Salma Radjak Kango, Nim153416084. meningkatkan kemampuan kognitif anal melalui bermain puzzle pada kelompok B di TK Mekar Wangi Desa Botubaran Kecamatan Kabilabone Kabupaten BoneBolango. Tugas akhir studi S1 Pendidikar Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo 2020. Pembimbing I: Dra. Rapi Us. Djuko, M.Pd dan pembimbing II : Nunung S Jamin, SE, M.Si
Permasalahan penelitian ini apakah kemampuan kognitif melalui bermain puzzle pada kelompok B di TK Mekar Wangi Desa Botubarani, Penelitian ini bermaksud untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui bermain puzzle pada kelompk B di TK mekar Wangi Desa Botubarani Kecamatan Kabilabone Kabupaten Bonebolango. Metode penelitan adalah penelitian tindakan kelas.
Pemecahan masalah pada penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dua petemuan terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan dan yang terakhir tahap evaluasi.
Dari hasil penelitian observasi awal kemampuan kognitif anak 10%, siklus I kemampuan kognitif anak melalui bemain puzzle memperoleh hasil 17% dari10 %. Pada siklus II memperlihatkan kemampuam kognitif anak melalui bermain puzzle meningkat dari 90% dari 17%. Sehingga dapat disimpulkan kemampuan kognitif anak melalui bermain puzzle lebih optimal hasilnya
Kata kunci : Kemampuan Kognitif, bermain puzzle
Download berkas