Penulis / NIM
ROSTIN PAKAJA / 153416088
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr SETIYO UTOYO, M.Pd / 0022087203
Pembimbing 2 / NIDN
SRI WAHYUNINGSI LAIYA, S.Pd., M.Pd / 0028087906
Abstrak
ABSTRAK
Rostin Pakaya. NIM. 153416088.Meningkatkan Kemampuan Logika Matematika melalui Permainan Kartu Angka pada Anak Kelompok B TK Teratai Desa Huangobotu Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango.Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidkan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dr. Setiyo Utoyo, M.Pd. dan pembimbing II Sri Wahyuningsi Laiya, S.Pd., M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini Ã���Ã..."bagaimana meningkatkan kemampuan logika matematika melalui permainan kartu angka pada anak Kelompok B TK Teratai Desa Huangobotu Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango?Ã���Ã� Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan logika matematika melalui permainan kartu angka pada anak Kelompok B TK Teratai Desa Huangobotu Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango.
Dalammemperolehhasil penelitian terhadap permasalahan di atas, peneliti menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK), teknik pengumpulan data dalam bentuk observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan logika matematika anak melalui permainan kartu angka secara signifikan. Anak yang telah memiliki kemampuan logika matematika pada kegiatan observasi awal sebanyak 6 anak (30%) kemudian pada siklus I meningkat menjadi 14 orang anak (70%), dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 17 orang anak (85%).Dengan demikian permainan kartu angka dipandang cocok dan relevan digunakan untuk meningkatkan kemampuan logika matematika anak Kelompok B TK Teratai Desa Huangobotu Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango
Kata kunci : Logika matematika, permainan, kartu angka.
Download berkas