Penulis / NIM
FITRIYATI D MUSA / 153416090
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. PUPUNG PUSPA ARDINI, S.Pd,M.Pd,MCE / 0010118302
Pembimbing 2 / NIDN
ICAM SUTISNA, S.Pd, M.Pd / 0001027805
Abstrak
ABSTRAK
Fitriyati D Musa, Nim153416090. meningkatkan kemampuan berhitung anak menggunakan sempoa di kelompok B PAUD Al Baroqah Desa Dunggala Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo. Tugas akhir studi S1 Pendidikar Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo 2020. Pembimbing I Dr. Pupung Puspita Ardini, S.Pd, M.Pd dan pembimbing II : Icam Sutisna.S.Pd, M.Pd
Tujuan dan subyek penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak menggunakan sempoa, yang berjumlah 12 orang anak, 7 anak laki-laki dan 5 anak perempuan.
Jenis Penelitan yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode observasi dan dokumentasi dalam pengumpulan data. Teknik analisa data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berhitung menggunakan sempoa yang dilakukan dalam 2 siklus dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak. Peningkatan kemampuan berhitung anak tersebut dapat dilihat dari hasil data observasi yang diperoleh setiap siklus mengalami peningkatan.
Sebelum tindakan, kemampuan berhitung anak pada kriteria berkembang sesuai harapan 3 orang anak atau (25%) dan kriteria belum berkembang 9 orang anak atau (75%). Pada siklus I ketuntasan kemampuan berhitung anak meningkat untuk kriteria berkembang sesuai harapan 4 orang anak atau (33,33%), Kriteria Mulai berkembang 2 orang anak atau (16,67%) dan kriteria belum berkembang 6 orang anak atau (50%). Dan pada siklus II ketuntasan kemampuan berhitung anak meningkat untuk kriteria berkembang sesuai harapan 10 orang anak atau (83,33%), Kriteria Mulai berkembang 2 orang anak atau (16,67%).
Kata Kunci : berhitung kemampuan sempoa
Download berkas