Penulis / NIM
MARDIANA / 153417007
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. PUPUNG PUSPA ARDINI, S.Pd,M.Pd,MCE / 0010118302
Abstrak
ABSTRAK
MARDIANA, 2022. Stimulasi Kemampuan Anak Berbasis Holistik Integratif Di Kelas B TK Damhil DWP UNG Kelurahan Limba U 2, Kecamatan Kota Selatan, Kota Gorontalo. Skripsi. Universitas Negeri Gorontalo. Fakultas Ilmu Pendidikan. Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Pembimbing I Dr. Irvin Novita Arifin, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Pupung Puspa Ardini, M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimanakah Stimulasi Kemampuan Anak Berbasis Holistik Integratif Di Kelas B TK Damhil DWP UNG Kelurahan Limba U 2, Kecamatan Kota Selatan, Kota Gorontalo. Tujuan dari penelitian ini untuk Mengetahui Stimulasi Kemampuan Anak Berbasis Holistik Integratif Di Kelas B TK Damhil DWP UNG Kelurahan Limba U 2, Kecamatan Kota Selatan, Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif Milles dan Hubberman. Hasil penelitian dapat teramati dengan optimal berdasarkan tiga indikator pada pembelajaran holistik integratif yaitu (1) Keterhubungan (Connectedness), di mana guru menentukan dan membuat rancangan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan. (2) Keterbukaan (Inclussion), di mana anak dapat melakukan kegiatan pembelajaran sesuai arahan guru dan mengerjakan kegiatan pembelajaran tanpa bantuan guru. (3) Keseimbangan (Balance), di mana guru memberikan pengawasan saat kegiatan pembelajaran.
Kata Kunci : Kemampuan Anak, Holistik Integratif
Download berkas