Penulis / NIM
SRI RAHAYU / 153417021
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. PUPUNG PUSPA ARDINI, S.Pd,M.Pd,MCE / 0010118302
Pembimbing 2 / NIDN
ICAM SUTISNA, S.Pd, M.Pd / 0001027805
Abstrak
ABSTRAK
Sri rahayu 2021. Pembelajaran Cooking Class Saat Pandemi Covid-19 Pada Anak Usia 4-5 Tahun (Penelitian Kualitatif Di Ra Annajmus Shagir, Kota Utara, Kota Gorontalo. Program studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Pupung Puspa Ardini, S.Pd, M.Pd dan pembimbing II Icam Sutisna, S.Pd, M.Pd. Masalah dalam penelitian ini ��Ã..."Pembelajaran Cooking Class Saat Pandemi Covid-19 Pada Anak Usia 4-5 Tahun (Penelitian Kualitatif Di Ra Annajmus Shagir, Kota Utara, Kota GorontaloÃ��ÂÂ. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan cooking class saat pandemi covid-19 pada anak usia 4-5 tahun di RA Annajmus Shagir, Kota Utara, Kota Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tehnik amalisi data yang digunakan yaitu model interaktif oleh Miles & Hubberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan cooking class saat pandemi covid-19 pada anak usia 4-5 tahun di RA Annajmus Shagir, Kota Utara, Kota Gorontalo sudah berkembang sesuai harapan pada 3 indikator yaitu pendahuluan (menyiapkan alat dan bahan, bercerita tema hari ini), kegiatan inti (nilai agama dan moral, fisik motorik, kognitif, bahsa, sosial emosional), dan kegiatan penutup (membersihkan alat dan bahan, kegiatan tanya jawab setelah kegiatan cooking class). Kesimpulan penelitian ini dapat dilihat pada indikator pertama mengenai nilai agama dan moral yang terstimulasi anak mampu berperilaku baik dan sopan serta mampu melakukan kegiatan berdoa sebelum dan sesudah kegiatan. Pada perkembangan bahasa anak sudah mampu menyebutkan bahan-bahan yang digunakan saat kegiatan. Pada perkembangan sosial emosional anak sudah bisa memahami aturan yang diberikan oleh guru serta mampu saling berbagi dan tolong menolong dengan sesama temannya. Pada perkembangan kognitif anak sudah mampu mengenal benda berdasarkan fungsinya dan mengenal konsep banyak dan sedikit. Untuk perkembangan motorik anak sudah mampu melakukan kegiatan mengoles dan menggenggam serta mengedalikan gerakan tubuhnya.
Kata kunci: Pembelajaran, Cooking Class, pandemi
Download berkas