Penulis / NIM
FAUZIA H. MOKODOMPIT / 153417026
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Pembimbing 2 / NIDN
Dr SETIYO UTOYO, M.Pd / 0022087203
Abstrak
ABSTRAK
Fauzia H Mokodompit. 2021. Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Kemampuan Belajar Sains Pada Anak Kelompok B Kecamatan Kota Barat Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Gorontalo. Pembimbing 1 Dra. Rapi Us. Djuko, M.Pd dan Pembimbing 2 Dr. Setiyo Utoyo, M.Pd.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah "Bagaimana Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Kemampuan Sains Pada Anak Kelompok B di TK Negeri Pembina Kecamatan Kota Barat Kota Gorontalo
tujuan Penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh kemampuan sains anak dalam melakukan proses sains dengan menggunakan metode eksperimen di TK Negeri Pembina Kecamatan Kota Barat Kota Gorontalo. Subjek pada penelitian ini ada 20 orang. Desain penelitian ini menggunakan one grup pretest-postes dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan study dokumen. Pada observasi awal kemampuan belajar sains pada anak memiliki skor min 20, dan skor max 42 dengan jumlah nilai rata-rata (32.08%) sedangkan pada observasi akhir terjadi peningkatan dengan skor min 22 dan skor amax 59 dengan jumlah nilai rata-rata (39.58%). Dari hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan maka peneliti menyimpulkan bahwa dengan menggunakan metode eksperimen kemampuan belajar sains pada anak kelompok B di TK Negeri Pembina Kecamatan Kota Barat Kota Gorontalo meningkat.
Kata Kunci : Kemampuan Belajar Sains, Metode Eksperimen
Download berkas