Penulis / NIM
INTAN / 153417037
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Pembimbing 2 / NIDN
NUNUNG SURYANA JAMIN, SE, M.Si / 0021127903
Abstrak
ABSTRAK
Intan. 20121 dengan Judul Deskripsi Pola Pendampingan Orang Tua Dalam Pembelajaran Anak Di Rumah Selama Masa Paandemi Covid-19 ( di TK-YKSM Kalupapi). Prodi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu pendidikan, Pembimbing I : Dr. Nurhayati Tine, S.PdI, M.HI Pembimbing II. Nunung S. Jamin, SE, Msi
Tujuan di lakukan penelitian ini untuk mengetahui pendampinngan orang tua dalam pembelajaran anak dirumah selama masa pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif dan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi, subjek penelitian ini adalah orang tua dan guru yang ada di TK-YKSM Kalupapi yang berjumblah lima informan. Analisis data yang di lakukan dengan mendeskripsikan hal-hal yang ditemukan dilapangan dengan data-data yang ditemukan dilapangan yang berhubungan dengan pendampingan orang tua dalam pembelajaran anak dirumah selama masa pandemi covid-19. Hasil penelitian menunjukan bahwa: dalam pendampingan anak belajar dirumah selama masa pandemi covid-19 orang tua menyediakan fasilitas belajar anak dirumah, orang tua mengawasi kegiatan belajar anak selama belajar dirumah, orang tua mengawasi penggunaan waktu belajar anak dan orang tua selalu memotivasi anak selama belajar dirumah. Selain itu pula orang tua selalu menerapkan protokol kesehatan atau menjaga kesehatan anak selama pandemi, orang tua juga mengalami kendala dalam pendampingan belajar anak dirumah yaitu kesibukan rumah tangga dan faktor ekonomi.
Kata Kunci : Pendampingan orang tua, Pembelajaran di rumah.
Download berkas