Penulis / NIM
NI PUTU LILIS SURYANI / 153417038
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr SETIYO UTOYO, M.Pd / 0022087203
Pembimbing 2 / NIDN
NUNUNG SURYANA JAMIN, SE, M.Si / 0021127903
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan sebagai solusi pembelajaran dengan mengembangkan E-Modul metode Total Physical Response (TPR) dalam mengenalkan kosakata pada anak usia 4-5 tahun (penelitian pengembangan di kelompok A, TK Nusa Indah, Desa Toto Utara, Kec. Tilongkabila, Kab. Bone Bolango, Gorontalo). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model Hannafin and Peck. Dalam mengumpulkan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket berupa kuisioner. Hasil penelitian pada uji validasi ahli menunjukkan bahwa 83 %, dengan kategori produk E-Modul sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Pada uji coba kelompok kecil oleh guru yaitu mendapat skor persentase 89 %, dengan kategori produk E-Modul sangat baik digunakan dalam proses pembelajaran. Uji coba kelompok kecil pada anak yaitu mendapat skor 3, dengan kategori produk E-Modul baik digunakan dalam proses pembelajaran. Sedangkan untuk uji coba lapangan pada guru mendapat skor persentase 90%, dengan kategori produk E-Modul sangat baik digunakan dalam pembelajaran. Uji coba lapangan pada anak mendapat skor 3, dengan kategori produk E-Modul baik digunakan dalam pembelajaran. Melalui pembelajaran dengan E-Modul ini juga dapat memberi manfaat pada keenam aspek perkembangan anak usia dini.
Kata Kunci : Kosakata, Metode Total Physical Response, E-Modul
Download berkas