Penulis / NIM
ASTRI LATARIMA / 153417040
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
NUNUNG SURYANA JAMIN, SE, M.Si / 0021127903
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Abstrak
ABSTRAK
Astri Latarima 2021. â�Å" Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Di Era New Normal Kelompok B Usia 5-6 Tahun Di TK Berlian Biontong 1 Kecamatan Bolangitang Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow Utaraâ�Â. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Nunung Suryana Jamin, SE, M.Si Pembimbing II Dra. Rapi Us. Djuko, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Di Era New Normal Kelompok B Usia 5-6 Tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Di Era New Normal Kelompok B Usia 5-6 Tahun Di TK Berlian Biontong 1 Kecamatan Bolangitang Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Hasil penelitian Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Di Era New Normal Kelompok B Usia 5-6 Tahun Di TK Berlian Biontong 1 Kecamatan Bolangitang Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Yaitu peran guru dalam mengembangkan kemampuan motorik halus di era new normal sudah berkembang sesuai harapan seperti pada indikator yaitu : Peran Guru Sebagai Perencana, dalam indikator peran guru sebagai perencana guru membuat acuan pembelajaran bukan hanya menggunakan RPPH tetapi juga membuat Rekome yang dibuat dari sekolah untuk dibagikan kepada orang tua siswa sebagai acuan dalam mengembangkan kemampuan belajar anak, dalam hal ini yaitu dimana orang tua dan guru bekerja sama dalam mengembangkan kemampuan motorik halus anak melihat sekarang masih dalam masa pandemi covid-19 kegiatan tatap muka di sekolah masih sangat terbatas, guru juga menyediakan media seperti: buku mewarnai, crayon yang digunakan dalam mewarnai gambar dan juga pensil, guru juga membuat LKS, lks yang disediakan seperti gambar sketsa rumah dan gambar bentuk jari-jari tangan yang mempermudah anak dalam melakukan kegiatan mewarnai guna untuk mengembangkan kemampuan motorik halus anak di masa pandemi covid-19, Peran guru sebagai pelaksana dimana guru membantu menstimulasi, memberikan penjelasan pada anak dalam melakukan kegiatan mewarnai, membantu anak dalam memahami pembelajaran tersebut, dan Peran guru sebagai penilai dalam indikator ini guru menilai perkembangan motorik halus anak dan juga melihat bagaimana anak bisa mewarnai gambar dengan rapi dan tanpa keluar dari garis.
Kata Kunci : Peran Guru, Motorik Halus di Era New Normal
Download berkas