Penulis / NIM
I GUSTI AYU PUTU MASTINI / 153417043
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
ICAM SUTISNA, S.Pd, M.Pd / 0001027805
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. PUPUNG PUSPA ARDINI, S.Pd,M.Pd,MCE / 0010118302
Abstrak
ABSTRAK
I Gusti Ayu Putu Mastini, 2021. Pengaruh Permainan Harta Karun Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Ruang Kelompok B Raudhatul Athfal Almourky Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Icam Sutisna, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Pupung Puspa Ardini, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat Pengaruh Permainan Harta Karun Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Ruang Kelompok B Raudhatul Athfal Almourky Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Permainan Harta Karun Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Ruang. Metode Penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan desain one grup pretest dan posttest. Dari hasil penelitian menggabarkan bahwa terdapat perbedaan antara kemampuan mengenal konsep ruang sebelum menggunakan permainan harta karun dan sesudahnya, dapat di buktikan dengan jumlah nilai rata-rata sebelum menggunakan permainan harta karun adalah 27,64 sedangkan nilai rata-rata setelah menggunakan permainan harta karun adalah 52. Berdasarkan uji t/test dapat diperoleh hasil uji signifikan yaitu nilai t hitung =3,22 sedangkan nilai t tabel pada (α) = 0,05 yakni sebesar 2,07. Jadi t hitung > t tabel maka Ho di tolak atau H1 diterima artinya ada pengaruh permainan harta karun terhadap kemampuan mengenal konsep ruang di Raudhatul Athfal Almourky Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci : Permainan, Harta karun, Konsep Ruang
Download berkas