Penulis / NIM
SOVIA YAKOBA WARSA / 153417060
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
SRI WAHYUNINGSI LAIYA, S.Pd., M.Pd / 0028087906
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Abstrak
Sovia Yakoba Warsa. 2022. Pengaruh Metode Bernyanyi Terhadap Kemampuan Anak Dalam Mengenal Huruf Anak Kelompok A Di TK Negeri Pembina Ki Hadjar Dewantoro Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Sri Wahyuningsi Laiya, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing 2 Dra. Rapi Us. Djuko, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah â�Å"Apakah Terdapat Pengaruh Metode Bernyanyi Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Kelompok A Di TK Negeri Pembina Ki Hadjar Dewantoro Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo�Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Metode Bernyanyi Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Kelompok A Di TK Negeri Pembina Ki Hadjar Dewantoro Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Desain eksperimen yang digunakan adalah one group pretest posttest, prosedur pengumpulan data melalui test dan observasi.
Berdasarkan hasil analisis pada pengujian hipotesis diterima, dilakukan pengujian dengan uji-t. dan hasil perhitungan uji hubungan antara kedua data atau hubungan variabel sebelum dan sesudah diketahui nilai koefisien korelasi sebesar 16,247 dengan nilai signifikasi sebesar 2,086. Karena nilai sig. 2,086 > probabilitas 0,05, maka dapat dinyatakan Ho ditolak dan Hi diterima. Oleh karena thitung lebih besar dari ttabel dan tidak berada pada daerah penerimaan. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan anak mengenal huruf sebelum dan sesudah menggunakan metode bernyanyi.
Kata kunci : Mengenal huruf, metode bernyanyi, anak usia dini
Download berkas