Penulis / NIM
KARINA ANNISA / 153418001
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
Karina Annisa 2022.Pengembangan Tari Kreasi Dalam Pendidikan Seni Tari Anak Usia Dini Untuk Melatih Perkembangan Motorik Kasar (Penelitian Pada Anak Kelompok B Di TK Negeri Pembina Kota Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Prof, Dr. Wenny Hulukati M.Pd dan Pembimbing II: Dr. Irvin Novita Arifin, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya media mengenai perkembangan motorik kasar pada anak usia dini. Hal ini tentu akan berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan anak pada masa prasekolah yaitu ditaman kanak-kanak. Solusi yang tepat untuk mengatasi terbatasnya media pendidikan anak usia dini untuk melatih perkembangan motorik kasar adalah dengan mengembangkan tari kreasi dalam pendidikan seni tari anak usia dini untuk menunjang perkembangan motorik kasar pada anak di taman kanak-kanak. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini yaitu mengembangkan tari kreasi dalam pendidikan seni tari anak usia dini untuk melatih perkembangan motorik kasar anak di taman kanak-kanak.
Prosedur penelitian ini menggunakan prosedur penelitian dan pengembangan menurut Sugiyono (2015:409) yang terdiri dari 10 tahapan, tetapi pengembangan ini hanya sampai pada tahap 5 untuk menghasilkan produk akhir video tari kreasi dan buku panduan, karena pada tahapan tersebut produk sudah melakukan uji validasi ahli. Adapun langkah-langkah penelitian yang dilakukan sebagai berikut : (1) Potensi dan Masalah; (2) Pengumpulan Data; (3) Desain Produk; (4) Validasi Desain ( Validasi Ahli); (5) Revisi Desain (Produk Akhir Video Tari Kreasi dan Buku Panduan). Berdasarkan uji validasi ahli, meliputi ahli bahasa Indonesia, ahli desain media, dan ahli pendidikan anak usia dini maka tari kreasi dalam pendidikan seni tari anak usia dini ini telah dapat digunakan sebagai media untuk melatih perkembangan motorik kasar pada anak di taman kanak-kanak.
Kata kunci: Tari Kreasi, Pendidikan Seni Tari AUD, Motorik Kasar
Download berkas