Penulis / NIM
INDRIANI DARANG / 153418002
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Pembimbing 2 / NIDN
SRI WAHYUNINGSI LAIYA, S.Pd., M.Pd / 0028087906
Abstrak
ABSTRAK
Indriani Darang, 2022. Ã���Ã..."Pengaruh Metode Eksperimen Sederhana Terhadap Kemampuan Sains Anak Kelompok B Di TK Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kecamatan Batui Kabupaten BanggaiÃ���Ã�ÂÂ. Skripsi, jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Pembimbing (1) Dr. Irvin Novita Arifin, S.Pd.,M.Pd dan pembimbing (2) Sri Wahyuningsi Laiya, S.Pd.,M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode eksperimen sederhana terhadap kemampuan sains anak kelompok B di TK Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kecamatan Batui Kabupaten Banggai. Kemampuan sains tersebut meliputi mengamati, mengklasifikasikan, menyimpulkan, dan mengkomunikasikan. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan menggunakan desain penelitian pre-test dan post-test yang dilakukan dengan memberikan tes sebelum diberikan perlakuan dan sesudah diberikan perlakuan. Objek penelitian ini adalah 20 anak kelompok B di TK Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kecamatan Batui Kabupaten Banggai. Pengumpulan data pre-test dan post-test dilakukan dengan memberikan tes pada anak. Teknk analisis data dilakukan dengan cara olah data statistik. Hasil penelitian membuktikan adanya perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah pemberian perlakuan, dapat dilihat dari jumlah nilai yang di peroleh yakni nilai rata-rata kemampuan sains sebelum menggunakan metode eksperimen adalah 14.25 dan nilai rata-rata kemampuan sains anak sesudah menggunakan metode eksperimen adalah 25.95. Hal tersebut menggambarkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode eksperimen sederhana terhadap kemampuan sains anak.
Kata Kunci: AUD, kemampuan sains, metode eksperimen sederhana
Download berkas