Penulis / NIM
INDRIYANI T. LASENA / 153418013
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr SETIYO UTOYO, M.Pd / 0022087203
Pembimbing 2 / NIDN
ICAM SUTISNA, S.Pd, M.Pd / 0001027805
Abstrak
ABSTRAK
Indriyani T. Lasena.2022. Pengaruh Permainan Ludo Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Kelompok A di TK Negeri Surya Kelurahan Botu Kecamatan Dumbo Raya Kota Gorontalo. Skripsi. Universitas Negeri Gorontalo. Fakultas Ilmu Pendidikan. Program Studi SI Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Pembimbing I Dr. Setiyo Utoyo M.Pd, dan Pembimbing II Icam Sutisna S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan ludo terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok A. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen (one group pretest-posttest design). Hasil penelitian dengan jumlah sampel 15 anak menunjukkan adanya peningkatan besaran rata-rata hasil pretest dan posttest. Hal ini dapat dilihat pada data pretest memperoleh nilai rata-rata 20.53 dan standar deviasi 4,65. Hasil tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh sebelum dan sesudah pemberian perlakuan. Berdasarkan output Tes Statistik. Dari hasil uji signifikan diperoleh nilai T hitung = 12,23. Sedangkan nilai T tabel pada (α) = 0,05 yakni sebesar 2.14 jadi T hitung � T tabel 12,23 >2.14 atau p-value > alpha 15 > 0,05 dengan kata lain T hitung > T tabel maka H0 ditolak atau HI diterima artinya maka hipotesis diterima. Dengan demikian, kesimpulan penelitian menyatakan bahwa terdapat Pengaruh Permainan Ludo Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Kelompok A Di TK Negeri Surya Kelurahan Botu Kecamatan Bumbo Raya Kota Gorontalo.
Kata Kunci : Permainan Ludo,Konsep Bilangan, Anak Usia Dini
Download berkas