Penulis / NIM
KETUT MINDI / 153418014
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr SETIYO UTOYO, M.Pd / 0022087203
Pembimbing 2 / NIDN
YENTI JUNIARTI, S.Pd., M.Pd / 1025069102
Abstrak
ABSTRAK
Ketut Mindi. 2022 Pengaruh Media Pembelajaran Card Sort Terhadap
Kemampuan Literasi Membaca Anak Kelompok B di Tk Pembina Agropolitan
Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango. Pendidikan Guru Pendidikan Anak
Usia dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing
1 : Dr. Setiyo Utoyo, M.pd, Pembimbing ll : Yenti Juniarti S,pd, M.pd.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh media
pembelajaran card sort terhadap kemampuan literasi membaca anak kelompok
B di Tk Pembina Agropolitan Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango.
Metode pada penelitian ini mengunakan kuantitatif eksperimen pre-experimental
( one-group pre test-post test disaign). Adapun hasil penelitian dengan jumlah
sampel yaitu 16 anak menunjukan adanya perubahan yang signifikan dilihat dari
data pretest dan posttest. Hal ini dapat dilihat dari data pretest dengan
memperoleh nilai rata-rata 12,62 dan standar deviasi 1,1543. Sedangkan pada
pada posttest memperoleh nilai rata-rata 36,62 dan standar deviasi 1,927 Hasil
tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh signifikan sebelum dan sesudah
di berikan perlakuan. Berdasarkan output test statistics, di ketahui sig-n (2 tailed)
bernilai 0,000. Oleh karna itu 0,000 0,05 maka hipotesis diterima. Dengan
demikian, hipotesis penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh media
pembelajaran card sort terhadap kemampuan literasi membaca anak kelompok B
di Tk Pembina Agropolitan kecamatan Kabila kabupaten Bone Bolango.
Kata Kunci : Card Sort, Literasi Membaca, Anak Usia Dini
Download berkas