Penulis / NIM
FITRI SARI KAHULUGE / 153418020
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
Fitri Sari Kahuluge, 2022.Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Kelompok B Di Kota Gorontalo. Skripsi, jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Pembimbing (1) Dra. Rapi Us Djuko, M.Pd dan pembimbing (2) Dr.Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B dengan menggunakan metode eksperimen di TK Aster Kota Gorontalo. Kemampuan kognitif tersebut meliputi berfikir logis, berfikir kritis, memecahkan masalah, dan mampu menemukan hubungan sebab akibat.Penelitian ini mmerupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain penelitian pre-test dan post-test yang dilakukan dengan memberikan tes sebelum diberikan perlakuan dan sesudah diberikan perlakuan subjek penelitian ini adalah 20 anak kelompok B di TK Aster Kota Gorontalo. Objek dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan kognitif anak melalui metode eksperimen. pengumpulan data pre-test dilakukan sebelum diberikan treatmen melalui observasi dengan menggunakan instrumen. Sedangkan untuk data post-test dlakukan dengan memberikan tes setelah diberikan perlakuan. Teknk analisis data dilakukan dengan cara olah data statistik. Hasil penelitian menggambarkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode eksperimen terhadap kemampuan kognitif anak, dapat dibuktikan dengan jumlah nilai yang di peroleh yakni nilai rata-rata kemampuan kognitif sebelum menggunakan metode eksperimen adalah 17.15, sedangkan nilai rata-rata kemampuan kognitif anak sesudah menggunakan metode eksperimen adalah 28.4. Hal tersebut membuktikan perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah pemberian perlakuan. Langkah-langkah dalam pemberian treatmen dengan menggunakan metode eksperimen yaitu dengan melakukan percobaan-percobaan tentang gejala alam seperti banjir, tanah longsor, hujan, pelangi, angin topan, gunung meletus, air, dan udara. Dari eksperimen-eksperimen yang diberikan kepada anak dapat membuat anak mampu berfikir secara kritis, mampu memecahkan masalah, serta mampu menemukan hubungan sebab akibat.
Kata Kunci: Paud, kemampuan kognitif, metode eksperimen
Download berkas