Penulis / NIM
NURUL GUSFIRNINDYA / 153418021
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Pembimbing 2 / NIDN
Dr SETIYO UTOYO, M.Pd / 0022087203
Abstrak
ABSTRAK
NURUL GUSFIRNINDYA, 2022. Peran Guru Dalam Pengembangan Emosi Anak Usia Dini Usia 4-5 Tahun di TK Negeri Pembina Kota Gorontalo. Skripsi, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Rapi Us Djuko M.Pd, dan pembimbing II Dr. Setiyo Utoyo, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana peran guru dalam pengembangan emosi anak usia dini usia 4-5 tahun di TK Negeri Pembina Kota Gorontalo. Penelitian dilaksanakan dengan peran guru dalam pembelajaran perkembangan emosi anak usia dini usia 4-5 tahun di TK Negeri Pembina Kota Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan TK Negeri Pembina Kota Gorontalo. Objek penelitian ini yaitu peran guru pada pengembangan emosi anak usia 4-5 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam pembelajaran emosi ditinjau dari indikator guru sebagai pendidik, sebagai leader (pemimpin), motivator dan konselor sudah berjalan dengan baik. Guru menjalankan perannya dalam menstimulasi perkembangan emosi anak usia dini usia 4-5 tahun di TK Negeri Pembina Kota Gorontalo melalui kegiatan main, kegiatan menyanyi, kegiatan membaca cerita dongeng yang dapat menstimulasi pengembangan emosi anak. Disamping memberikan media belajar yang dapat mengembangkan emosi, guru juga menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, memberikan berbagai motivasi dengan kata-kata pujian sekaligus membimbing anak untuk memiliki kematangan emosi dalam berinteraksi dengan likungannya dilandasi rasa empati yang tinggi..
.
Kata kunci: Peran guru, pengembangan emosi.
Download berkas