SKRIPSI

Penulis / NIM
SITI RAUDA SAMUEL / 153418023
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Pembimbing 2 / NIDN
WAODE ETI HARDIYANTI, S.Pd., M.Ed / 0021049204
Abstrak
ABSTRAK Sitti Rauda Samuel, 2022. Deskripsi Kemampuan Literasi Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Ki Hajar Dewantoro Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Dosen Pembimbing I Dra Rapi Us Djuko, M.Pd, dan Dosen Pembimbing II Waode Eti Hardiyanti, S.Pd, M.Ed Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data dan informasi terkait kemampuan literasi anak dalam mengidentifikasi, memahami, menginterprestasikan, menciptakan, dan mengkomunikasikan dengan berbagai konteks. Jenis Penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 15 orang anak. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini yaitu metode observasi, metode wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah kemampuan literasi anak terkait dengan lima indikator bahwa terdapat sebelas orang anak yang kemampuan mengidentifikasi, memahami, material cetak atau tertulis, kemampuan menginterprestasikan cerita sesuai konteks, kemampun anak dalam menciptakan hasil karya, dan kemampuan berkomunikasi, sudah berkembang dengan baik ditunjukan dengan kemampuan anak dalam beradaptasi dengan lingkungan sekitar yang dapat membantu anak dalam berfikir kritis dan kreatif sehingga dengan muda dapat memecahkan masalah. Sedangkan empat orang anak masih mulai berkembang dan masih memerlukan arahan dari guru hal ini ditunjukan dengan kurangnya antusiasi sebagai peserta didik dalam kegiatan belajar dan kurang beraninya mereka dalam mengemukakan pendapat. Selanjutnya lingkungan keluarga maupun sekolah sangatlah berpengaruh terhadap faktor literasi anak, untuk itu perlu adanya pencegahan yang dilakukan untuk lebih mengoptimalkan pembelajaran yang menyenangkan sehingga tingkat kecerdasannya bisa berkembanga secara normal sesuai umur. Kata kunci: Kemampuan, literasi, AUD
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011