Penulis / NIM
SITI RAUDA SAMUEL / 153418023
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Pembimbing 2 / NIDN
WAODE ETI HARDIYANTI, S.Pd., M.Ed / 0021049204
Abstrak
ABSTRAK
Sitti Rauda Samuel, 2022. Deskripsi Kemampuan Literasi Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Ki Hajar Dewantoro Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Dosen Pembimbing I Dra Rapi Us Djuko, M.Pd, dan Dosen Pembimbing II Waode Eti Hardiyanti, S.Pd, M.Ed
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data dan informasi terkait kemampuan literasi anak dalam mengidentifikasi, memahami, menginterprestasikan, menciptakan, dan mengkomunikasikan dengan berbagai konteks. Jenis Penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 15 orang anak. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini yaitu metode observasi, metode wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah kemampuan literasi anak terkait dengan lima indikator bahwa terdapat sebelas orang anak yang kemampuan mengidentifikasi, memahami, material cetak atau tertulis, kemampuan menginterprestasikan cerita sesuai konteks, kemampun anak dalam menciptakan hasil karya, dan kemampuan berkomunikasi, sudah berkembang dengan baik ditunjukan dengan kemampuan anak dalam beradaptasi dengan lingkungan sekitar yang dapat membantu anak dalam berfikir kritis dan kreatif sehingga dengan muda dapat memecahkan masalah. Sedangkan empat orang anak masih mulai berkembang dan masih memerlukan arahan dari guru hal ini ditunjukan dengan kurangnya antusiasi sebagai peserta didik dalam kegiatan belajar dan kurang beraninya mereka dalam mengemukakan pendapat. Selanjutnya lingkungan keluarga maupun sekolah sangatlah berpengaruh terhadap faktor literasi anak, untuk itu perlu adanya pencegahan yang dilakukan untuk lebih mengoptimalkan pembelajaran yang menyenangkan sehingga tingkat kecerdasannya bisa berkembanga secara normal sesuai umur.
Kata kunci: Kemampuan, literasi, AUD
Download berkas