Penulis / NIM
NURUL ID'HA MUSTAFIFI / 153418028
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
Nurul Id������ha Mustafifi.2022. Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Keolompok B di TK Nusa Indah Desa Uwelolu Kecamatan Toili Barat Kabupaten Banggai. Skripi. Universitas Negeri Gorontalo. Fakultas Ilmu Pendidikan. Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Pembimbing I Dra. Rapi Us.Djuko, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Irvin Novita Arifin, M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Kelompok B Di TK Nusa Indah Desa Uwelolu Kecamatan Toili Barat Kabupaten Banggai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen (one group pretest-posttest design). Dari hasil penelitian dengan jumlah 20 anak menunjukkan adanya peningkatan besaran rata- rata hasil pretest dan posttest. Hal ini dapat dilihat pada data pretest memperoleh nilai rata-rata 16,5 dan Standar Deviasinya 3,069. Sedangkan pada Posttest memperoleh 21,2 dan standar deviasinya 4,124. Hasil tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan sebelum dan sesudah pemberian perlakuan. Berdasarkan rumus output Tes Statistics, dari hasil uji signifikan di peroleh nilai T hitung = 7,849. Sedangkan nilai T tabel pada (���±)= 0,05 yakni sebesar 2,024. Jadi T hitung ����¥ T tabel 7,849 ����¥ 2,024 atau p-value > alpha 20 > 0,05 dengan kata lain T hitung > T tabel maka HO ditolak atau H1 diterima artinya maka hipotesis diterima. Dengan demikian, hipotesis penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh Permaian Puzzle Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Kelompok B Di TK Nusa Indah Desa Uwelolu Kecamatan Toili Barat Kabupaten Banggai.
Kata Kunci: Permaian puzzle, Mengenal Bilangan, Anak Usia Dini
Download berkas