Penulis / NIM
NURFADILA ABUDI / 153418034
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
SRI WAHYUNINGSI LAIYA, S.Pd., M.Pd / 0028087906
Pembimbing 2 / NIDN
WAODE ETI HARDIYANTI, S.Pd., M.Ed / 0021049204
Abstrak
ABSTRAK
Nurfadila Abudi 2022, Deskripsi Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Sains Anak Kelompok B di TK Damhil DWP UNG Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 : Sri Wahyuningsi Laiya S.Pd M.Pd dan Pembimbing 2 : Waode Eti Hardiyanti S.Pd M.Ed.
Tujuan dari penelitian ini untuk ��Ã..."Mendeskripsikan Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Sains Anak Kelompok B Di TK Damhil DWP UNG Kecamatan Kota Selatan Kota GorontaloÃ��ÂÂ. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini anak usia 5-6 tahun berjumlah 19 anak. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini adalah anak-anak menunjukkan keaktifan dalam penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran sains anak. Adapun pendekatan saintifik yang mereka lakukan terdiri lima (5) aspek penilaian seperti mengamati, menanya, mengumpulkan Informasi, menalar, dan mengkomunikasikan. Akan tetapi pada aspek menalar terlihat anak mengalami sedikit kesulitan seperti menceritakan pengalaman yang mereka lihat diluar sekolah, sedangkan pada aspek mengkomunikasikan sudah bagus seperti menyampaikan hasil karyanya dalam bentuk bercerita. Oleh karena itu, pendekatan saintifik pada pembelajaran sains anak kelompok B di Tk Dahmil Dwp UNG sudah berkembang dengan baik.
Kata kunci: Penerapan, Pendekatan Saintifik. Pembelajaran Sains
Download berkas