SKRIPSI

Penulis / NIM
WINDRAWATI DJAHARA / 153418043
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr SETIYO UTOYO, M.Pd / 0022087203
Pembimbing 2 / NIDN
NUNUNG SURYANA JAMIN, SE, M.Si / 0021127903
Abstrak
Windrawati Djahara. 2022. Peran Guru Dalam Mengatasi Learning Loss Pada Anak Kelompok B TK Negeri Harapan Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Pembimbing (I) Dr. Setiyo Utoyo, M.Pd. dan Pembimbing (II) Nunung Suryana Jamin, SE, M.Si. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran guru di TK Negeri Harapan Kota Gorontalo dalam mengatasi learning loss pada anak di kelompok B. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk mengatasi learning loss pada anak, yang dilakukan oleh guru dikelompok B yaitu: (1) Guru sebagai pendidik, menumbuhkan kembali sikap disiplin dan mandiri pada anak dengan cara membiasakan anak untuk mengerjakan tugas tanpa meminta bantuan dari guru dan mebiasakan anak untuk antri dalam hal mencuci tangan dan mengumpulkan tugas yang di berikan. (2) Guru sebagai pengajar, melaksanakan kegiatan pembelajaran yang menyangkut tentang learning loss dengan cara setiap kegiatan pembelajaran guru selalu menambahkan kegiatan mengenalkan huruf dan angka serta pembelajaran yang melatih motorik halus pada anak. (3) Guru sebagai fasilitator, menyediakan fasilitas untuk anak â�" anak yang terdampak learning loss pada setiap kegiatan pembelajaran seperti menyediakan media pembelajaran yang menyangkut learning loss yang terjadi pada anak. (4) mengelola kelas dengan baik agar anak bisa nyaman dan tertarik untuk mengikuti pembelajaran yang diberikan dengan cara merubah tata letak tempat duduk anak. (5) Guru sebagai motivator, memberikan apresiasi pada anak agar mereka bersemangat untuk mengikuti pembelajaran yang diberikan oleh guru. (6) Guru sebagai evaluator, melakukan penilaian dengan cara mereview kembali pembelajaran yang diberikan pada saat masuk kepembelajaran dan pada saat pembelajaran akan berakhir, serta menyediakan catatan observasi dan anekdot untuk mengetahui perkembangan pada masing â�" masing anak. Kata Kunci: Peran Guru, Learning Loss, Anak Usia Dini
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011